Breaking News
Kabupaten Batang Kembali Raih Opini WTP dalam Laporan Keuangan Tahun 2023 Raperda RPJPD 2025-2045 Dibahas dalam Rapat Paripurna DPRD Kendal PT Sukorintex Kabupaten Batang Menyangkal Tuduhan Pencemaran Sungai di Depok Masyarakat Kabupaten Batang Apresiasi Dinas Lingkungan Hidup dalam Membersihkan Sampah di Aliran Sungai Gendingan Komjen Pol Drs.Agus Andrianto,S.H.,M.H. Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila Mphnews- Jakarta, 1 Juni 2024 – Komisaris Jenderal Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila kepada seluruh rakyat Indonesia. Dalam pernyataannya, beliau menekankan pentingnya makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam dasar negara Pancasila. Pancasila, sebagai falsafah negara Indonesia, merupakan landasan dan panduan bagi seluruh warga negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai luhur seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah landasan utama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Komjen Pol Drs. Agus Andrianto juga menegaskan pentingnya menjaga keutuhan dan keberagaman bangsa Indonesia. Dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini, solidaritas, persatuan, dan gotong royong antarwarga negara menjadi kunci utama dalam mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi bersama. Beliau juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Sebagai wakil Kepala Kepolisian Negara, Komjen Pol Drs. Agus Andrianto menegaskan komitmen Polri untuk terus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta melindungi seluruh warga negara Indonesia tanpa pandang bulu. Di akhir pernyataannya, Komjen Pol Drs. Agus Andrianto mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama membangun bangsa yang lebih maju, adil, dan sejahtera sesuai dengan semangat dan nilai-nilai Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila, semoga semangat dan nilai-nilai luhur Pancasila senantiasa menginspirasi langkah kita menuju masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara Indonesia.
Daerah  

Polri Menghadapi Berbagai Tantangan Disrupsi

Mphnews.id-MEDAN – Akademisi Dr Alpi Sahari, mengatakan, membangun “nation and character building” di era transformasi Polri yang PRESISI merupakan tantangan yang tidak ringan.

Menurutnya, Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Pol. Listiyo Sigit Prabowo menghadapi berbagai tantangan disrupsi dengan dinamika tersendiri.

“Tantangan ini antara lain meliputi era metaverse dan pengembangan artificial intelegence yang tentunya harus diikuti dengan kompetensi SDM Polri melalui pendidikan pembentukan dan pendidikan pengembangan,” ujarnya di Medan, Sabtu (26/2).

Dikatakan, pendidikan tentunya dimulai dari tahap seleksi untuk menentukan kelulusan sesuai dengan standar berdasarkan prinsip transparansi dan responsibilitas. “Artinya bahwa pembentukan nation and character building bagi SDM Polri harus dimulai pada tahapan seleksi yang ditindaklanjuti pada lembaga Pendidikan,” sebut Dr Alpi Sahari yang sering diminta Polri sebagai saksi ahli di sidang praperadilan.

Tantangan dan karakter dasar nilai jika tidak ada keseimbangan akan melahirkan “cultural shock” atau “cultural lag”. “Pemaknaan reward berupa penghargaan, kuota khusus Kapolri tidak hanya sebatas ditujukan dengan menilai kepentingan profesi dan organisasi, namun juga pengabdian dalam kerangka nation and character building.” ujar Dr Alpi Sahari.

Menurutnya, ketika berbicara tentang era disrupsi, catatlah bahwa trennya bukan sekedar inovasi dan revolusi teknolog informasi (TI) “Tetapi menurut Francis Fukuyama perhatikan fenomena the great destruption yaitu kekacauan sosial besar-besaran dalam lanscape kebudayaan manusia,” ujarnya.

Dia menyebut contoh yang dikutip dari tulisan Haedar Nashir Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah “Membangun Moralitas Bangsa—seperti terjadi di Amerika Serikat yang telah mengalami pergeseran besar selama tiga dekade terakhir dalam struktur sosialnya, kriminalitas meluas, kepercayaan menipis, keluarga berantakan dan individualisme mengalahkan komunitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *