Breaking News
Kabupaten Batang Kembali Raih Opini WTP dalam Laporan Keuangan Tahun 2023 Raperda RPJPD 2025-2045 Dibahas dalam Rapat Paripurna DPRD Kendal PT Sukorintex Kabupaten Batang Menyangkal Tuduhan Pencemaran Sungai di Depok Masyarakat Kabupaten Batang Apresiasi Dinas Lingkungan Hidup dalam Membersihkan Sampah di Aliran Sungai Gendingan Komjen Pol Drs.Agus Andrianto,S.H.,M.H. Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila Mphnews- Jakarta, 1 Juni 2024 – Komisaris Jenderal Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila kepada seluruh rakyat Indonesia. Dalam pernyataannya, beliau menekankan pentingnya makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam dasar negara Pancasila. Pancasila, sebagai falsafah negara Indonesia, merupakan landasan dan panduan bagi seluruh warga negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai luhur seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah landasan utama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Komjen Pol Drs. Agus Andrianto juga menegaskan pentingnya menjaga keutuhan dan keberagaman bangsa Indonesia. Dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini, solidaritas, persatuan, dan gotong royong antarwarga negara menjadi kunci utama dalam mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi bersama. Beliau juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Sebagai wakil Kepala Kepolisian Negara, Komjen Pol Drs. Agus Andrianto menegaskan komitmen Polri untuk terus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta melindungi seluruh warga negara Indonesia tanpa pandang bulu. Di akhir pernyataannya, Komjen Pol Drs. Agus Andrianto mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama membangun bangsa yang lebih maju, adil, dan sejahtera sesuai dengan semangat dan nilai-nilai Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila, semoga semangat dan nilai-nilai luhur Pancasila senantiasa menginspirasi langkah kita menuju masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara Indonesia.

PALL Soroti Open Dumping, PT Lohdjinawi Wijaya Didesak Tindakan Konkret

Diskusi PALL,PT Lohdjinawi dan DLH Batang

Mphnews – Jateng – Batang – Pembuangan sampah sembarangan atau open dumping semakin meningkat dan menjadi perhatian masyarakat, terutama yang diadvokasi oleh Pusat Advokasi Lestari Lingkungan (PALL).

Open dumping adalah praktek pembuangan sampah dalam skala besar di lokasi yang tidak ditentukan secara resmi, biasanya terjadi di lahan terbuka atau daerah terpencil.

Permasalahan ini mencuat dalam diskusi antara PT Lohdjinawi Wijaya, Pusat Advokasi Lestari Lingkungan (PALL), dan Dinas Lingkungan Hidup di ruang rapat DLH jalan R.A Kartini no 1 Batang pada Rabu (6/12).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, A. Handy Hakim, dalam diskusi tersebut menjelaskan bahwa dasar permasalahan ini adalah surat dari PALL mengenai limbah padat PT Lohdjinawi Wijaya yang dibuang di desa Selokarto. Beliau juga memimpin jalannya diskusi.

Ketua PALL, Sugino, menyatakan bahwa temuan limbah padat di desa Selokarto merupakan praktek open dumping yang dilakukan oleh PT Lohdjinawi Wijaya. Hal ini berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Open dumping seringkali dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti perusahaan atau individu yang mencari cara mudah untuk membuang limbah tanpa mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan dan kesehatan publik. Dalam open dumping, sampah dibuang secara sembarangan tanpa pemisahan jenis sampah atau perlakuan khusus,”ujarnya.

“Dampak dari open dumping sangat merugikan lingkungan dan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat sekitar,”pungkasnya.

Perwakilan dari PT Lohdjinawi Wijaya, Singgih, mengakui adanya open dumping dan menyampaikan permohonan maaf. Dia menjelaskan bahwa pembuangan sampah plastik oleh perusahaan tersebut dilakukan oleh individu untuk menimbun lahan pribadinya.

Dalam diskusi, disepakati beberapa langkah bersama antara PT Lohdjinawi Wijaya, PALL, dan DLH Batang, antara lain:

  1. PT Lohdjinawi Wijaya mengakui kegiatan open dumping di Desa Selokarto Kecamatan Pecalungan.
  2. Penghentian kegiatan dumping dan melakukan reklamasi lahan.
  3. Reklamasi melibatkan pembuatan talud, pemberian fill dan geo membrane, perataan sampah, dan penutupan dengan tanah.
  4. PT Lohdjinawi Wijaya mengharapkan masukan/saran terkait solusi pengelolaan sampah.
  5. Solusi utama adalah pengadaan incinerator.
  6. PT Lohdjinawi Wijaya bekerja sama dengan pihak ketiga sesuai dokumen lingkungan untuk pembuangan limbah.
  7. PALL berharap dapat mengawasi pengelolaan sampah dan limbah di PT Lohdjinawi Wijaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *