Batang  

Masyarakat Batang Tetap Berjuang Melawan Covid-19

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Hal itu karena saat ini seluruh masyarakat merayakannya di tengah pandemi Covid-19.

Bupati Batang Wihaji mengemukakan, perjuangan terus dilanjutkan dengan meneladani para pahlawan, yang menginspirasi generasi muda supaya tetap memiliki semangat hidup dan tidak pernah mengeluh.

“Hari ini mari kita berjuang bersama-sama melawan Corona, tetap berdamai dengan wajib memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan. Cara sederhana itulah yang dapat menyelamatkan nyawa sesama,” ungkap Bupati Wihaji usai memimpin upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-75, di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Batang, Senin (17/8/2020).

Sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo, untuk penegakan aturannya tentang disiplin protokol kesehatan, Pemkab akan mengeluarkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada)
“Penegakannya akan dilakukan operasi ke lapangan, mulai dari tertulis hingga denda. Bagi personal maksimal Rp10.000,00 dan perusahaan maksimal Rp50 juta,” tuturnya.
Bupati menegaskan, hal ini bentuk keseriusan Pemkab, agar warga tidak meremehkan. Sebab, hingga saat ini banyak korban yang berjatuhan, maka melalui program “Zero Covid-19”, itulah wujud kesungguhan Pemkab mengurangi dampak pandemi.

“Di Kabupaten Batang jumlahnya semakin meningkat, hari ini jumlahnya sudah mencapai 127 yang positif dan rata-rata dikarenakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Pekan depan Perkada akan direalisasikan dengan terjun langsung ke tempat-tempat yang sering digunakan warga berkerumun,” bebernya.
Bupati Wihaji menambahkan, di tengah pandemi masyarakat tidak diizinkan menggelar acara karnaval maupun berbagai perlombaan. “Kecuali tasyakuran biasa, itupun tanpa musik, jika ada yang melanggar akan kita tindak,” tegasnya.

Dalam melaksanakan upacara pun Pemkab hanya mengikutsertakan peserta dengan jumlah terbatas. Mulai dari pengibar bendera tiga orang, Aparatur Sipil Negara dan pihak TNI/Polri. Peringatan Hari Kemerdekaan kali ini tidak mengurangi semangat dan maknanya, meski di tengah pandemi rakyat Indonesia berjuang bersama melawan Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *